Bibit Siklon 98S Terdeteksi di Indonesia, Bisa Picu Hujan Lebat hingga Gelombang Tinggi!

JAKARTA – Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mendeteksi Bibit Siklon Tropis 98S dan Suspect Area 1 di sekitar wilayah Indonesia. BMKG mengingatkan waspada dampak cuaca tidak langsung berupa gelombang laut tinggi juga hujan sedang hingga lebat.

BMKG mengatakan saat ini Bibit Siklon Tropis 98S terpantau berada di Samudra Hindia barat daya Sumatera, tepatnya di sekitar 11.7 derajat Lintang Selatan dan 94.7 derajat Bujur Timur dengan kecepatan angin di pusatnya berada di kisaran 15-20 knot, dengan angin 20 knot terpantau di selatan dan utara sistem. Tekanan udara minimum berada pada kisaran 1006 hPa.

“Bibit Siklon Tropis 98S dalam 72 jam kedepan cenderung bergerak perlahan ke arah Timur, kemudian akan bergerak ke arah Tenggara,” kata BMKG dalam keterangan resminya, dikutip Senin (15/1/2024).

BMKG melaporkan potensi Bibit Siklon Tropis 98S dalam 24 jam ke depan mengalami peningkatan intensitas secara perlahan dan potensi tumbuh menjadi siklon tropis dalam kategori kecil. Sedangkan dalam 48-72 jam ke depan (Selasa-Rabu) potensi tumbuh menjadi siklon tropis dalam kategori sedang-tinggi.

Sementara itu, BMKG juga mendeteksi adanya Suspect Area 1 yang terpantau berada di sekitar Laut Timor bagian selatan, tenggara NTT, atau Australia bagian utara tepatnya di sekitar 16.1 derajat Lintang Selatan dan 129.7 derajat Bujur Timur dengan kecepatan angin maksimum berada pada kisaran 10-15 knot. Tekanan udara minimum di kisaran 1004 hPa bergerak ke arah Tenggara.

“Potensi Suspect Area 1 di wilayah daratan Australia bagian utara dalam 72 jam ke depan untuk tumbuh menjadi Siklon Tropis dalam kategori kecil,” tulisnya.

Berikut dampak tidak langsung Bibit Siklon Tropis 98S dan Suspect Area 1 terhadap cuaca di Indonesia:

Bibit Siklon Tropis 98S

Gelombang Laut Tinggi 1.25 – 2.5 meter (moderate sea):

– Samudra Hindia barat Kepulauan Mentawai hingga Lampung

– Perairan P. Enggano – Bengkulu

– Perairan barat Lampung

– Selat Sunda bagian Selatan

Sumber; https://nasional.okezone.com/read/2024/01/15/337/2954846/bibit-siklon-98s-terdeteksi-di-indonesia-bisa-picu-hujan-lebat-hingga-gelombang-tinggi


Posted

in

by

Tags:

Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *