Gempa Bali Magnitudo 5,6, : Tak Berpotensi Tsunami

Gempa bumi magnitudo 5,6 mengguncang Bali dan sekitarnya, pada hari ini atau Sabtu (27/1/2024), pukul 16.33 WIB atau 17.33 Wita.

Kepala Pusat Gempa Bumi dan Tsunami Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Daryono mengungkapkan, episenter gempa Bali tersebut terjadi di laut barat daya Kuta Selatan, Bali.

“Episenter gempa bumi terletak pada koordinat 11,56° LS ; 113,36° BT, atau tepatnya berlokasi di laut pada jarak 370 Km arah Barat Daya Kuta Selatan, Bali pada kedalaman 10 km,” ujar dia, melalui keterangan resmi yang diterima Kompas.com, Sabtu sore.

Daryono memastikan bahwa gempa yang terjadi di Samudera Hindia tersebut tidak berpotensi tsunami.

Ia menyebutkan, hasil analisis BMKG menunjukkan gempa bumi ini memiliki parameter update dengan magnitudo M 5,5.

“Dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya, gempa bumi yang terjadi merupakan jenis gempa bumi dangkal akibat adanya aktivitas deformasi batuan di luar zona subduksi (outerrise zone),” ucapnya.

 “Hasil analisis mekanisme sumber menunjukkan bahwa gempabumi memiliki mekanisme pergerakan turun (normal fault),” imbuhnya

Daerah yang merasakan

Daryono menyampaikan, dampak guncangan gempa bumi tersebut dirasakan di sejumlah daerah di Bali dan sekitarnya.

 Daerah Kuta, Mataram, dan Lombok Barat merasakan guncangan gempa dengan skala intensitas III MMI (Getaran dirasakan nyata dalam rumah, terasa getaran seakan akan truk berlalu).

Gempa bumi ini juga berdampak dan dirasakan daerah Denpasar dan Gianyar dengan skala intensitas II MMI (Getaran dirasakan oleh beberapa orang, benda-benda ringan yang digantung bergoyang).

 Hingga pukul 16.50 WIB, hasil monitoring BMKG belum menunjukkan adanya aktivitas gempa bumi susulan (aftershock).

Sumber: https://www.kompas.com/tren/read/2024/01/27/173600665/gempa-bali-m-56-bmkg-tak-berpotensi-tsunami


Posted

in

by

Tags:

Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *