Monitoring Kekeringan Meteorologis Daerah Nusa Tenggara Timur

sudah sebanyak 70% dari jumlah Zona Musim Indonesia memasuki musim hujan. Sisanya masih menunggu hujan datang. Saat ini ada 1 daerah yang mengalami tidak ada hujan lebih dari 2 bulan. 

Wilayah yang sedang mengalami musim hujan meliputi: Aceh, Sumatera Utara, Riau, Sumatera Barat, Jambi, Bengkulu, Sumatera Selatan, Lampung bagian Selatan, sebagian Banten, sebagian besar Jawa Barat, sebagian besar Jawa Tengah, sebagian Jawa Timur, sebagian besar Kalimantan, Sulawesi Utara, sebagian Sulawesi Tengah, sebagian Sulawesi Barat, sebagian Sulawesi Selatan, sebagian Maluku Utara, Papua Barat dan sebagian Papua.

Daerah kurang hujan terpanjang pada tengah Januari ini yakni berada di wilayah Timor Tengah Selatan, NTT (61 hari) dan masuk ke kategori paling ekstrem.

Hemat dan gunakan air secara bijak ya guys! Supaya dampak kekeringan bisa kita hadapi bersama. Bagi daerah yang sudah masuk musim hujan, yuk periksa lingkungannya supaya bisa menampung dan mengalirkan air hujan dengan baik. Apapun musimnya, siap siaga dan siap selamat gaes !!!

Sumber: https://www.facebook.com/InfoBMKG/posts/783707767132645/


Posted

in

by

Tags:

Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *