Peringatan Dini Curah Hujan Tinggi dan Potensi Banjir 20 Januari 2024

Buletin edisi Januari 2024 memuat informasi tentang analisis curah hujan yang terjadi pada bulan Desember 2023 dan prediksi hujan 3 (tiga) bulan ke depan yaitu hujan bulan Februari hingga April 2024. Dalam buletin ini juga dibahas analisis dinamika atmosfer dan laut serta prediksi El Nino Southern Oscilation (ENSO), Indian Ocean Dipole (IOD), monsun dan suhu muka laut (SST).

Analisis hujan yang disajikan pada halaman 2 s/d 5 menunjukkan kondisi faktual curah hujan yang terjadi selama bulan Desember 2023. Analisis ini dilakukan berdasarkan data observasi dari stasiun BMKG, pos hujan kerja sama yang tersebar di seluruh wilayah Indonesia dan data satelit Global Satellite Mapping of Precipitation (GSMaP).

Prediksi hujan untuk 3 (tiga) bulan ke depan yaitu periode Februari hingga April 2024 disajikan pada halaman 6 dan 7, yang memuat prediksi curah hujan dan sifat hujan hingga 3 (tiga) bulan ke depan. Selanjutnya untuk keperluan operasional di lapangan, diharapkan mengacu pada “informasi terbaru yang dikeluarkan BMKG setiap bulan” yang merupakan pemutakhiran dari prediksi sebelumnya.

Analisis dan Prediksi ENSO dan IOD:Hasil monitoring indeks IOD dan ENSO Dasarian III Januari 2024, Indek Dipole Mode sebesar +0.43, sedangkan indeks ENSO Dasarian III Januari menunjukkan nilai sebesar +1.66, IOD Netral terus beratahan hingga 3 bulan kedepan. Sementara itu, indeks ENSO diprediksi turun secara gradual menuju Netral pada April 2024.

Analisis dan Prediksi Angin 850mb:Aliran masa udara didominasi angin baratan, belokan angin terjadi di sepanjang garis ekuator, sistem tekanan rendah terlihat pada perairan di barat Sumatera. Pada Dasarian I Februari 2024 aliran massa udara di wilayah Indonesia diprediksi masih terus didominasi oleh angin baratan, daerah belokan angin diprediksi terjadi di sepanjang garis ekuator, sistem tekanan rendah akan terjadi di Kalimantan bagian utara dan perairan di barat Sumatera.

Analisis OLR:Daerah tutupan awan (OLR =220 W/m2) pada dasarian III Januari 2024 terlihat di hampir seluruh wilayah Indonesia. Tutupan awan umumnya mendekati klimatologisnya.

Analisis dan Prediksi MJO:Analisis dasarian III Januari 2024 menunjukkan MJO aktif di fase 7 dan di prediksi akan tetap aktif di fase 6 dan 7 hingga awal dasarian II Februari 2024, MJO fase 6 dan 7 berkaitan dengan fase kering di wilayah Indonesia bagian barat.

Analisis dan Prediksi Kelembapan Udara (RH):Kelembapan udara permukaan berkisar 60- 72% dan diprediksi hingga Dasarian II Februari 2024 berkisar 55 – 80 %, pada lapisan 850mb diprediksi berkisar 50 – 80% serta pada lapisan 700 mb umumnya diprediksi 45 – 75%.

Analisis dan Prediksi Suhu:Suhu rata-rata permukaan berkisar 23 – 28°C dan diprediksi hingga Dasarian II Februari 2024 berkisar 22-28°C, Prediksi suhu minimum berkisar 20 – 26°C dan Prediksi suhu maksimum berkisar 26-34°C.

Peringatan Dini:Peringatan Dini Curah Hujan Tinggi pada klasifikasi Waspada: Beberapa kabupaten kota di Provinsi Banten, DIY, DKI Jakarta, Jambi, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, Kalimantan Selatan, Kalimantan Tengah, Kalimantan Timur, Kalimantan Utara, Lampung, Papua, Sulawesi Selatan, Sulawesi Utara, Sumatera Selatan, Sulawesi Tenggara. Siaga: Beberapa kabupaten kota di Provinsi Jawa Barat, Jawa Tengah, Kalimantan Timur, Papua, Sulawesi Selatan. Awas : Beberapa kabupaten kota di Provinsi Sulawesi Selatan. Peringatan Dini Kekeringan Meteorologis : Waspada: Kab. Bireuen di Prov. Aceh. Siaga: Tidak ada. Awas: Tidak ada

Analisis Curah Hujan Dasarian III Januari 2024:Curah hujan pada Dasarian III Januari 2024 bervariasi dari kriteria rendah, menengah dan tinggi.
Sifat hujan pada Dasarian III Januari 2024 bervariasi Bawah Normal, Normal dan Atas Normal.

Analisis Perkembangan Musim Hujan Dasarian III Januari 2024:Berdasarkan jumlah ZOM, sebanyak 76% wilayah Indonesia masuk musim hujan. Wilayah yang sedang mengalami musim hujan meliputi Aceh, Sumatera Utara, Riau, Kepulauan Riau, Sumatera Barat, Jambi, Bengkulu, Sumatera Selatan, Bangka Belitung, Lampung, Banten, DKI Jakarta, sebagian besar Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, seluruh Pulau Kalimantan, Sebagian besar Sulawesi Utara, sebagian Sulawesi Tengah, Sulawesi Barat, sebagian Sulawesi Selatan, sebagian besar Sulawesi Tenggara, sebagian Bali, sebagian NTT, sebagian besar NTB, sebagian Maluku Utara, dan sebagian besar Maluku, seluruh Pulau Papua.

Prediksi Curah Hujan Dasarian: Februari Dasarian I – III Tahun 2024:Pada Februari I – III Tahun 2024 umumnya diprediksi curah hujan berada di kriteria rendah – menengah (0 – 150 mm/dasarian).
Wilayah yang diprediksi mengalami hujan kategori tinggi – sangat tinggi (>150 mm/dasarian) :

  • Pada Februari I meliputi sebagian sebagian Jambi, sebagian Sumatra Selatan, sebagian Lampung, Banten bagian Barat, sebagian Jawa Barat, Jawa Tengah bagian Utara, sebagian kecil Jawa Timur, sebagian NTT, Kalimantan Timur bagian utara, sebagian Sulawesi Selatan, sebagian Sulawesi Tenggara dan sebagian Papua bagian Tengah.
  • Pada Februari II meliputi sebagian DKI Jakarta, sebagian Jawa Barat, Jawa Tengah bagian utara, sebagian kecil Jawa Timur, sebagian Kalimantan Barat, sebagian Sulawesi Selatan, sebagian kecil Sulawesi tenggara dan sebagian Papua bagian Tengah.
  • Pada Februari III meliputi Jawa Tengah bagian utara, sebagian Sulawesi Selatan dan sebagian Papua.

Prediksi Curah Hujan Lebih Dari 300 mm/Bulan untuk Bulan Februari 2024 – Juli 2024 :

  • Februari 2024 diprediksi terjadi di sebagian Sumatera Bagian Selatan, sebagian Kalimantan Barat, sebagian besar Kalimantan Tengah, sebagian Kalimantan Selatan, sebagian Banten, sebagian Jawa Barat, sebagian Jawa Tengah, sebagian Jawa Timur, sebagian Bali, sebagian NTB, sebagian NTT, sebagian Sulawesi Selatan, sebagian Maluku, sebagian Papua Barat, dan sebagian Papua.
  • Maret – April 2024 diprediksi terjadi sebagian Aceh, sebagian Bengkulu, sebagian Jambi, sebagian Sumatera Selatan, sebagian Lampung, sebagian besar Pulau Kalimantan, sebagian Pulau Jawa, sebagian Bali, sebagian NTB, sebagian NTT, sebagian Sulawesi Barat, sebagian Sulaswesi Selatan, sebagian besar Papua Barat dan sebagian besar Papua.
  • Mei 2024 diprediksi terjadi di sebagian Kalimantan Barat, sebagian Kalimantan Tengah, sebagian Kalimantan Utara, sebagian Kalimantan Timur, sebagian kecil Kalimantan Selatan, sebagian Sulawesi Barat, sebagian besar Sulaswesi Selatan, sebagian Sulaswesi Tengah, sebagian kecil Suawesi Tenggara, sebagian Maluku, sebagian Maluku Utara, sebagian Papua Barat, dan sebagian Papua.
  • Juni – Juli 2024 diprediksi terjadi di sebagian kecil di Pulau Kalimantan, pesisir timur Sulawesi Selatan, sebagian Sulawesi Tengah, sebagian besar Maluku, sebagian Maluku Utara, sebagian besar Papua Barat, dan sebagian Papua.

Sumber: https://www.bmkg.go.id/berita/?p=analisis-dinamika-atmosfer-dasarian-iii-januari-2024&lang=ID&s=detil


Posted

in

by

Tags:

Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *