Waspada!!! iklon Tropis Anggrek per 18 Januari 2024: Penjelasan hingga Dampaknya

Jakarta – Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) menginformasikan adanya siklon tropis Anggrek yang terpantau berada di Samudera Hindia barat daya Bengkulu per 18 Januari 2024. Menurut BMKG, siklon tropis ini berdampak pada beberapa wilayah di Indonesia.
Lalu, apa yang dimaksud siklon tropis Anggrek? Bagaimana dampaknya di Indonesia? Simak informasi di bawah ini.

Pengertian Siklon Tropis Anggrek

Dikutip dari situs resmi BMKG, siklon tropis adalah sistem tekanan rendah non-frontal yang dengan skala sinoptik yang tumbuh di atas perairan hangat dengan wilayah perawanan konvektif dan kecepatan angin maksimum setidaknya mencapai 34 knot pada lebih dari setengah wilayah yang melingkari pusatnya, serta bertahan setidaknya enam jam

Siklon tropis merupakan badai dengan kekuatan yang besar dengan radius rata-rata mencapai 150 hingga 200 km. Siklon tropis terbentuk di atas lautan luas yang umumnya mempunyai suhu permukaan air laut hangat, lebih dari 26.5 °C. Angin kencang yang berputar di dekat pusatnya mempunyai kecepatan angin lebih dari 63 km/jam.

Adapun siklon tropis Anggrek tumbuh di area tanggung jawab Tropical Cyclone Warning Center (TCWC) Jakarta pada tanggal 16 Januari 2024. Kemudian, sesuai dengan peraturan internasional yang berlaku, maka siklon tropis itu diberi nama siklon tropis Anggrek yang dikeluarkan oleh TCWC Jakarta.

Siklon Tropis Anggrek 18 Januari 2024

Dikutip dari unggahan BMKG di akun Instagram @info_BMKG, siklon tropis Anggrek per 18 Januari 2024 terpantau berada di Samudera Hindia Barat Daya Bengkulu di sekitar 12.0 derajat Lintang Selatan (LS) dan 93.7 derajat Bujur Timur (BT), 1310 km sebelah barat daya Bengkulu. Kecepatan angin maksimum 35 knot dan tekanan udara minimum sebesar 998 hPa bergerak ke arah Selatan.

BMKG memprediksi intensitas siklon tropis Anggrek berada dalam Kategori 1 dalam 24 jam ke depan.

“Diperkirakan intensitas siklon tropis Anggrek berada di Kategori 1 dalam 24 jam ke depan dan bergerak ke arah Barat Daya, menjauhi wilayah Indonesia dan telah berada di luar wilayah tanggung jawab TCWC Jakarta,” kata BMKG, dikutip detikcom, Kamis (18/1/2024).

Dampak Siklon Tropis Anggrek 18 Januari 2024

BMKG mengungkapkan siklon tropis Anggrek per 18 Januari 2024 berdampak gelombang laut tinggi di beberapa wilayah di Indonesia. Berikut rinciannya.

  1. Gelombang laut tinggi 1.25 – 2.5 m (Moderate Sea)
  2. Samudra Hindia barat Aceh hingga Kep. Mentawai
  3. Perairan barat Kep. Nias hingga barat Kep. Mentawai
  4. Perairan Bengkulu – P. Enggano
  5. Perairan barat Lampung
  6. Selat Sunda bagian barat dan selatan
  7. Perairan selatan Banten hingga Jawa Tengah.
  8. Gelombang laut tinggi 2.5 – 4.0 m (Rough Sea)
  9. Samudra Hindia barat Kep. Enggano hingga Lampung
  10. Samudra Hindia selatan Banten hingga Jawa Tengah

Sumber : https://news.detik.com/berita/d-7150295/siklon-tropis-anggrek-per-18-januari-2024-penjelasan-hingga-dampaknya


Posted

in

by

Tags:

Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *